Peningkatan Daya Tarik Teaching Factory Agribusiness Center yang Profesional melalui Digital Company Profile

https://www.memopos.co.id/2024/10/peningkatan-daya-tarik-teaching-factory.html
MEMOPOS.co.id,Jember - TeFa Agribusiness Center merupakan TeFa berkonsep product-based learning dan project-based learning yang sedang diimplementasikan di Jurusan Manajemen Agribisnis, dimana selain dapat dimanfaatkan sebagai sarana strategis pengembangan pembelajaran, juga dapat menjadi sarana atau tempat uji kompetensi.
Pengabdian kepada masyarakat Politeknik Negeri Jember melalui sumber pendanaan PNBP tahun 2024 dengan judul “Peningkatan Daya Tarik Teaching Factory Agribusiness Center yang Profesional melalui Digital Company Profile” sengaja dilaksanakan di TeFa Agribusiness Center dan sekligus sebagai Mitra kegiatan pengabdian, sebagaimana disampaikan oleh Ketua pelaksana kegiatan, Ida Adha Anrosana, S.Pi,MP. Hal ini dikarenakan kondisi TeFa Agribusiness Center masih belum memilikiCompany Profile yang berisi tentang perangkat informasi untuk memperkenalkan dan memberikan berbagai informasi pada suatu unit bisnis yang meliputi visi, misi, tujuan, sejarah unit bisnis, serta jenis produk yang diperjual belikan sehingga dapat diketahui dan dikenal oleh seluruh civitas akademika.
TeFa Agribusiness Center sebagai mitra pengabdian masyarakat memiliki permasalahan, yaitu (1) Belum maksimalnya kinerja promosi unit bisnis; (2) Tidak adanya daya tarik konsumen; (3) Belum memiliki perangkat informasi unit bisnis, ungkap Ida Adha Anrosana, S.Pi, MP, dosen di Jurusan Manajemen Agribisnis Polije.
Ariesia Ayuning Gemaputri, S.Pi., M.P sebagai anggota pelaksana pengabdian menambahkan bahwa melihat dari kondisi permasalahan yang ada tersebut, tujuan kegiatan pengabdian ini untuk membantu meningkatkan kinerja promosi TeFa Agribusiness Center dengan membuat digital company profile sebagai inovasi pendukung daya tarik TeFa Agribusiness Center bagi konsumen yang datang. Dengan harapan tentunya banyak konsumen yang tertarik dan datang untuk bertransaksi segala kebutuhan yang TeFa Agribusiness Center sediakan.
Solusi permasalahan terkait permasalahan daya tarik TeFa Agribusiness Center bagi konsumen dan sekaligus peningkatan kinerja promosi unit bisnis pendukung sesuai dengan keahlian masing-masing yang meliputi pelatihan (1) pengidentifikasian komponen-komponen informasi unit bisnis TeFa Agribusiness Center; (2) penyusunan dan pembuatan digital company profile TeFa Agribusiness Center dengan model flipbook yang informatif.
Luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pembuatan company profile,publikasi artikel di prosiding, ,publikasi artikel pada media masa cetak, video kegiatan, serta peningkatan level keberdayaan TeFa Agribusiness Center yaitu: Mampu meningkatkan kinerja promosi unit bisnis TeFa Agribusiness Center; Mampu meningkatkan daya tarik konsumen dengan mengembangkan media promosi TeFa melalui digital company profile; dan Mampu memberikan nuansa profesionalitas dari TeFa Agribusiness Center dalam perkembangan pemasaran dan unit bisnisnya, ditambahkan oleh Alwan Abdurahman, S.H., M.M, sebagai anggota pelaksana kegiatan pengabdian.
Mengakhiri pembicaraan, Luluk Cahyo Wiyono, S.Sos., M.Sc, sebagai anggota pengabdian menambahkan bahwa company profile tersebut terbentuk sesuai dengan kesepakatan tim pengabdian,dan manajer TeFa. Perlu dilakukan uji coba promosi ke khalayak dan civitas akademika sehingga dapat melihat, megakses dan akhirnya mengetahui serta mengunjungi untuk membeli barang-barang yang ada di TeFa Jurusan manajemen Agribisnis yang dapat memenuhi kebutuhan internal mahasiswa serta Dosen dan Teknisi sehari-hari.