50 Tahun Perumdam Tirta Pandalungan Jember Gelar Fun Walk Diikuti Seribu Peserta


MEMOPOS.co.id,Jember - Berbagai rangkain kegiatan telah dilaksanakan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pandalungan Jember memperingati 50 tahun usia perusahaan tersebut.
Seperti pemberian santunan, sunatan masal di saat bulan ramadan 1446 H, diakhiri fun walk atau jalan santai Sabtu pagi, 12 April 2025 diikuti tak kurang dari seribu orang dan berjalan meriah.
Hal itu dikatakan oleh Miftahul Ridho, Direktur Utama Perumdam Tirta Pandalungan Jember, kepada Memo Pos.Fun walk itu berlangsung meriah, merebutkan 1 motor listrik dan sepeda listrik.
Tidak ketinggalan pula puluhan hadiah menarik disediakan oleh panitia fun walk.Peserta terdiri pimpinan dan staf, pensiunan perusahaan tersebut, serta warga sekitar Perumdam Tirta Pandalungan.
Selain itu, di jalan santai tersebut terdapat 15 stand UMKM.Peserta fun bike pun bisa membeli dagangan mereka berupa aneka kuliner, baik makai uang tunai atau kupon dan telah dibagikan gratis.
Di acara jalan santai itu peserta bisa berjoget mengikuti irama musik sambil menunggu pengundian hadiah, bahkan ada seorang pria lanjut usia tanpa ragu naik keatas panggung meliuk-liukan badan
Tentu kemunculan sang kakek di acara tersebut menjadikan suasana fun walk lebih semarak, bahkan jogetan pria itu sangat kocak dan mampu mengundang tawa jajaran pimpinan Perumdam.
Menurut Ridho, selama ia memimpin tidak sedikit keberhasilan telah dicapai perusahaan itu.Di usia 50 tahun ini, Perumdam Tirta Pandalungan Jember berhasil mendongkrak jumlah pelanggan.
"Di tahun 2025 ini Perumdam Tirta Pandalungan Jember memasuki usia emas atau 50 tahun, salah satu keberhasilan diraih adalah jumlah pelanggan terus bertambah."ujar Ridho.
Dari catatan Perumdam Tirta Pandalungan Jember memiliki 54.000 pelanggan, bahkan perusahaan itu di tahun 2025 ini pasang target membidik 7000 pelanggan baru bisa tercapai.
Tidak itu saja, se Jawa Timur, perusahaan daerah itu sukses berada di peringkat ke 7 di tahun 2024 lalu."Semula kita berada di urutan ke 21, berkat kerja keras dan do'a warga.Jember turun ke peringkat ke 7."imbuh Ridho.
Namun demikian, Ridho tidak menampik saat ini masih ada pelanggan nakal ogah melunasi iuran pemakaian air per bulan.Jumlah pelanggan membandel terus turun, tentu ini sangat membanggakan.
"Kita melakukan pendekatan persuasif kepada pelanggan melalui sosialisasi, cara ini cukup ampuh dan bisa memunculkan kesadaran untuk melunasi tagihan air sehingga tidak nunggak."pungkas Ridho.(*)
Reporter:Winardyasto HariKirono